Kamis, 22 Januari 2015

Mengenal Penyakit Kanker Serviks Sejak Dini

Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya dan banyak ditakuti khususnya pada wanita, jenis kanker serviks adalah jenis kanker yang banyak terjadi dan tidak sedikit diantara mereka penderita kanker serviks yang mengalami kematian cepat.

Mengenal Penyakit Kanker Serviks Sejak Dini


Mengenal Penyakit Kanker Serviks Sejak Dini
Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim.

Di Indonesia hanya 5 persen yang melakukan Penapisan Kanker Leher Rahim, sehingga 76,6 persen pasien ketika terdeteksi sudah memasuki Stadium Lanjut (IIIB ke atas), karena Kanker Leher Rahim biasanya tanpa gejala apapun pada stadium awalnya. Penapisan dapat dilakukan dengan melakukan tes Pap smear dan juga Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Penyebab Utama Kanker Serviks


Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18 merupakan penyebab utama pada 70% kasus kanker serviks di dunia. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian ini sering tidak disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala. Karena itu, Vaksinasi Kanker Serviks sangat dianjurkan.

Gejala Yang ditimbulkan 


  1. Kanker leher rahim pada stadium awal tidak menunjukkan gejala yang khas, bahkan bisa tanpa gejala. Pada stadium lanjut, gejala kanker serviks, antara lain: 
  2. Perdarahan post coitus,
  3. Keputihan abnormal, 
  4. Perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal (kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah).
Itulah  informasi tentang penyakit kanker serviks, mengenal dan mengetahui gejala awal pada penderita kanker serviks dapat membantu penyembuhan, karena pengobatan dapat dilakukan dengan cepat sebelum kanker itu menjadi parah dan susah untuk disembuhkan. Maka dari itu pahami dan kenali kanker serviks sejak dini demi menjaga kesehatan diri Anda.

Sumber : http://www.indoxamthone.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_leher_rahim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar